Tuesday 26 February 2013

Membuat Efek Metalic Pada Suatu Objek Gambar

Nah ini tutorial sotosop Photoshop pertamaku, untuk tutorial pertama aku pengen bagi2 tutorial cara membuat efek Metalic untuk suatu gambar. Ini sebenarnya aku dapat dari video youtube, Cuma disini aku buat dengan kata2 yang lebih mudah dipahami dan bisa diselesaikan dengan mudah.

1.       Pertama buat file baru, nama nya terserah kamu, disini saya buat namanya “Digimon Crest”. Untuk ukuran sih terserah, tapi kalo anda ragu anda bisa ikuti punya saya.


2.       Lalu buat warna background nya Hitam dan sebelum meletak objek gambar, buat dulu layer baru ya ! Disini saya gunakan Digimon Crest Courage, anda terserah mau buat apa, jika saat ini belum ada objek gambarnya, anda bisa save dan memakai gambar ini.


 


3.       Nah lalu, tekan dan tahan CTRL lalu klik kotak gambar kecil disamping nama layer. Ini akan membuat objek terseleksi.


4.       Lalu, saat masih objek terseleksi, pilih menu SELECT ---> Save Selection. Lalu buat namanya terserah dan pilih OK. Lalu pilih SELECT ---> Deselect (atau tekan CTRL+D untuk shortcut). Nah sekarang lihat tab Channel disamping tab Layer. Terlihat ada Channel baru yg bernama sesuai yang anda buat tadi. Hidupkan channel anda (ditandai ada gambar mata disamping gambar dan disamping nama channel), lalu matikan channel RGB (klik tanda mata disamping RGB) dengan begitu channel Red, Green, dan Blue juga mati.


5.       Masih di channel yang anda buat tadi, sekarang pilih FILTER ---> Blur ---> Gaussian Blur. Buat Radius nya kira-kira 3 pixels. Lalu OK.

6.       Sekarang ganti ke tab Layer, sekarang pilih Layer1 (Layer yg ada objek gambarnya). Lalu pilih menu FILTER ---> Render ---> Lighting Effect. Pertama sekali, jangan lupa mengganti Texture Channel yang ada dibawah menjadi nama Channel yang anda buat tadi. Lalu atur pencahayaan nya seperti yang saya buat. Lalu pilih OK.


7.       Setelah itu pergi ke menu IMAGE ---> Adjusments ---> Curves. Lalu atur seperti yang saya buat.

8.       Nah udah mau selesai nih, tinggal mewarnai nya. Pilih menu IMAGE ---> Adjustments ---> Hue/ Saturation. Pertama kali, hidupkan Colorize disudut kanan bawah. Lalu atur warna sesuai keinginan kalian. Disini saya memberi warna Orange sesuai warna Digimon Crest Courage.

9.       This is it !!!! *ala chef Parah Quinn*

Nah udah jadi ni gambarnya~ Artinya Tutorial 1 ini udah selesai. Kalo ada yang mau ditanya silahkan lapor ke pihak yang berwajib komen aja dibawah, ntar aku coba jawab kok~
Sampai jumpa di Tutorial 2 (Kalo penulisnya gk malas)~
Ciao Ciao~

4 comments: