Friday 10 May 2013

FINAL FANTASY (PART I)


Untuk cerita mengenai dunia game yang kedua, aku akan cerita tentang salah satu game RPG fenomenal yang berjudul FINAL FANTASY. Gimana gk fenomenal, RPG satu ini pasti udah dikenal sama semua gamers khusus nya yang suka dengan genre RPG (Role-Playing Game). Franchise game yang dimiliki Square-Enix ini sampai sekarang udah punya 14 judul main series dan banyak side-series nya. Game ini awalnya dibuat pada tahun 1987, pada saat itu Final Fantasy direncanakan menjadi proyek terakhir Squaresoft (Square-Enix sebelum merger dgn Enix). Hal itu dikarenakan Square sedang mangalami krisis finansial, mereka memasukkan kata “FINAL” di game mereka sebagai bentuk usaha terakhir sebelum bersiap keluar dari industri game. Namun tanpa disangka Final Fantasy diterima dengan baik oleh para gamers, game nya laku keras di Jepang dan sampai sempat ditranslasi di Amerika (1990). Square membatalkan pembubarannya dan tetap melanjutkan proyek Fantasy nya sampai sekarang.
Biasanya tema cerita dalam Final Fantasy berhubungan dengan gambar di logo judulnya. Dan yang menarik dari Final Fantasy adalah musik-musik nya yang sangat bagus yang ditangani oleh Nobuo Uematsu. Untuk Art nya yang sangat unik ditangani oleh Yoshitaka Amano.
Untuk post Final Fantasy ini, aku buat dalama beberapa  part karena terlalu panjang. Untuk post yang ini, aku cuma jelasin Final Fantasy Main Series yang bernomor Ganjil (I, III, V, VII, IX, XI, XIII).

Final Fantasy I
   "The world is veiled in darkness. The wind stops, the sea is wild, and the earth begins to rot.
The people wait, their only hope, a prophecy....
'When the world is in darkness Four Warriors will come....'
After a long journey, four young warriors arrive, each holding an ORB." - Prologue


Kisah dimulai di dunia yang dipenuhi bencana alam dan krisis dimana-mana. Hal itu terjadi karena Empat Kristal yang seharusnya menjaga keseimbangan telah redup dan akan kehilangan kekuatannya. Satu-satunya harapan adalah Empat orang yang akan datang menyelamatkan dunia dari kehancuran sesuai ramalan Lukhan, seorang orang bijak. Keempat orang penyelamat itu dijuluki sbg “The Warriors of Lights”. Beberapa tahun berlalu, dan muncul empat kesatria yang membawa empat kristal suci itu. Bersamaan dengan itu, Kerajaan Cornelia mengalami bencana karena Putri Sarah diculik Knight jahat bernama Garland. The Warriors of Lights pergi untuk menyelamatkan Putri Sarah dan mengalahkan Garland. Namun kekalahan Garland hanyalah awal dari perjalanan The Warriors of Lights.
Karakter yang digunakan ada empat, dan nama dan pilihan Job mereka ditentukan oleh Player sendiri. Terdapat 6 Job awal, yaitu Warrior, Monk, Thief, White Mage, Black Mage, Red Mage. Gameplay nya hanya standard saja, cuma Turn-Based System. Graphic nya sangat minimalis saat pertama kali rilis di NES, namun saat di-remake di PS dan PSP, graphic ditingkatkan dan terdapat FMV yang keren.


Final Fantasy III
Dunia dalam FFIII bercerita tentang Xande yang berkeinginan membawa dunia kedalam kegelapan dengan memanggil Colud of Darkness. Untuk melawannya, hadirlah empat kesatria yang membawa kristal untuk menyelamatkan dunia.
Dalam versi NES, empat kesatria ini hanya memilki job awal bernama Onion Knights dan tidak memiliki nama sendiri (nama ditentukan Player), dan desain karakter mereka pun mirip. Namun dalam versi remake di NDS, mereka sudah memiliki desain karakter dan nama sendiri. Luneth, seorang anak panti asuhan; Arc, teman Luneth yang berasal dari panti asuhan yang sama; Refia, anak perempuan dari seorang blacksmith yang melarikan diri dari ayahnya; Ingus, prajurit Sasune Kingdom. Sistem Summon disini pertama kali dikenalkan melalui sistem job Conjurer yang nantinya bisa meningkat ke Job Summoner atau Sage. Di FFIII versi pertama, Job Onion Knights adalah job yang default, sedangkan di versi remake NDS, Onion Knight adalah job rahasi yang bisa didapatkan dengan syarat tertentu.
Tidak seperti FFII, FFIII kembali menggunakan sistem job. Namun kita bisa merubah-ubah job yang beragam ini di tengah-tengah petualangan. FFIII adalah Final Fantasy pertama yang menggunakan command beragam seperti Steal, Jump dll. Dan di FFIII juga pertama kali diperkenalkannya Chocobo dan Moogle yang selanjutnya akan menjadi maskot Final Fantasy.

Final Fantasy V
"With cheese biscuits and mashed potatoes!" - Bartz

Dunia tempat FFV berada, diatur oleh empat kristal suci, yaitu Wind, Fire, Water dan Earth. Bartz, seorang pengelana yang sedang beristirahat dengan Chocobo peliharaannya yang bernama Boko. Mereka melihat sebuah meteor yang jatuh di dekat mereka dan mereka menemukan seorang gadis yang menamakan dirinya Lenna. Lenna adalah putri dari King Tycoon yang menjaga Wind Crystal. Lenna sedang dalam perjalanan ke Wind Shrine karena kekuatan angin berhenti dan ayahnya yang hilang disana. Di dekat sana mereka juga berjumpa dengan Galuf, pria tua yang amnesia namun memiliki tujuan menuju ketempat kristal. Akhirnya mereka memutuskan untuk menyelidiki kristal-kristal itu.  Nantinya dimulailah perjalanan Bartz, Lenna, Galuf, Faris, dan Krile untuk menyeliki kristal-kristal suci itu, karena nantinya diketahui selain untuk menjaga keseimbangan, kristal-kristal itu digunakan untuk menyegel makhluk jahat yang bernama ExDeath.
Gameplay dalam FFV kembali menggunakan ATB (Active Time Battle) dan sistem Job. Dan tidak tangung-tanggung, jumlah Job yang disediakan sebanyak 20 jenis! Dan versi GBA nya bahkan memiliki 26 jenis. Gameplay FFV bisa dikatakan cukup rumit dan mendalam dibandingkan gamenya. Graphic nya tidak terlalu berbeda dari FFIV di SNES, namun di versi PS terdapat penambahan FMV.

Final Fantasy VII
"It's not my problem." - Cloud Strife

Sesuai dengan gambar dilogo judulnya, FFVIII bercerita tentang Meteor yang akan jatuh ke Planet (nama dunia FFVII). Cerita dimulai dengan seorang pemuda yang mengatakan dirinya mantan prajurit SOLDIER, yang bernama Cloud Strife. Cloud bergabung dengan pasukan pemberontak bernama AVALANCHE yang melawan Shinra Corp. Shinra Corp. adalah perusahaan elektronik yang menggunakan Mako, sumber energi bumi. Tugas dalam misi pertama Cloud adalah meledakkan reaktor Mako bersama teman-teman pemberontak lainnya, Tifa Lockhart dan Barret Wallace. Di misi kedua, misi gagal dan Cloud tepisah dari yang lain. Setelah sadar dari pingsannya, Cloud ternyata dirawat oleh seorang gadis penjual bunga yang bernama Aerith Gainsborough. Baru diketahui nantinya ternyata Shinra Corp. melakukan percobaan berbahaya. Shinra mengetahui bahwa tenyata Aerith adalah keturunan terakhir dari ras Cetra dan Shinra menculik Aerith untuk melakukan percobaan kepadanya. Colud dan AVALANCHE segera menyusup ke gedung Shinra untuk menyelamatkan Aerith. Namun Cloud dkk saat menjumpai President Shinra, ternyata seseorang telah membunuh Presiden Shinra. Orang yang membunuhnya adalah Sephiroth, seorang mantan prajurit SOLDIER yang sudah pernah dibunuh Cloud saat dimasa lalu. Sephiroth, pria yang percaya bahwa JENOVA adalah “ibunya”. Maka dimulailah petualangan Cloud, Tifa, Aerith, Barret, Cid, Red XIII, Caith Sit, Yuffie dan Vincent  untuk mencari dan mengalahkan Sephiroth yang berusaha menghancurkan dunia dengan men-summon METEOR ke Planet.
Gameplay nya terdapat beberapa perubahan. Terdapat sistem ATB seperti FFIV dan FFV. Job tidak bisa diubah-ubah dan terdapat sistem Materia. Materia menjadi skill-skill dan magic yang digunakan karakter, bahkan Summon. Dan terdapat juga Limit Break yang merupakan “Serangan Special” dari karakter. Untuk party, kita cuma bisa membawa 3 orang. Dan di World Map kita bisa memakai Chocobo, pesawat dan kapal untuk berpetualang. Juga terdapat beberapa mini-games seperti di Gold Saucer.
FFVII dikenal sebagai FF terbaik oleh sebagian fans FF. FFVII dikenal sebagai FF pertama yang memakai fraphic 3D dalam karakter dan lingkungannya dan ditambahnya CG untuk beberapa event. FFVII memiliki beberapa prekuel dan sequel. Prekuel nya adalah Crisis Core-Final Fantasy VII (PSP) dan Before Crisis-Final Fantasy VII (Mobile), sedangkan sekuel nya Final Fantasy VII : Advent Children (Movie) dan Final Fantasy VII : Dirge of Cerberus (PS2). Karena nya dibuat lah satu judul kompilasi dari seri FFVII ini yang diberi nama “Compilation of Final Fantasy VII” yang berisi semua yang berhubungan dengan FFVII ini.

Final Fantasy IX
"You don't need a reason to help people." - Zidane Tribal

Gaia, dunia di FFIX, dimulai petualangan Zidane Tribal, seorang pemuda yg berasal dari kelompok pencuri Tantalus yang sering menyamar menjadi pemain Theater. Tantalus mendapat permintaan pekerjaan dari Lindblum untuk “menculik” Princess Garnet til Alexandros XVII. Tapi saat akan diculik, Garnet malah memang meminta dirinya diculik dan membawanya ke Lindblum. Saat kabur dan Steiner, seorang Pluto Knight yang diminta Ratu untuk membawa Garnet kembali, dan Vivi, seorang black mage, ikut terbawa oleh Tantalus. Saat kabur dari berbagai serangan pasukan kerajaan Alexandria, kapal terbang raksasa Tantalus mengalami kerusakan dan harus mendarat di Evil Forest. Zidane meminta kepada Boss nya untuk membawa Garnet ke Lindblum dengan jalan kaki saja karena kapal Tantalus yang rusak. Dengan ditemani oleh Steiner dan Vivi, Zidane dan Garnet pergi menuju Lindblum. Dan agar dapat berbaur dengan rakyat biasa, Garnet mengubah namanya menjadi Dagger, sesuai senjata yang digunakan Zidane. Saat sampai di Lindblum Garnet mendapat kabar dari paman nya Regent Cid yang seorang raja di Lindblum, bahwa ternyata ibu Garnet, Queen Brahne, telah banyak berubah. Queen Brahne berambisi untuk memperluas daerah kekuasaan kerajaannya. Nanti baru diketahui bahwa alasan Queen Brahne seperti ini karena hasutan dari Kuja, penyebab semua konflik di Gaia. Dan juga ternyata Garnet sebenarnya adalah keturunan klan Summoner yang saat ini hanya tinggal 2 orang. Queen Brahne berniat mengambil semua Eidolon (makhluk summon) milik Garnet dan dugunakannya untuk menguasai dunia, dan ini pun karena diberi ‘ide’ oleh Kuja. Zidane, Garnet, Vivi, Steiner, Freya, Quina, Eiko, dan Amarant berusaha untuk mengalahkan Kuja yang merupakan mastermind semua peperangan ini.
Gameplay FFIX memakai sistem ATB juga, namun juga terdapat penambahan ATE (Active Time Event). Party yang bisa dibawa kembali menjadi empat karakter. Trance merupakan serangan spesial yang dimiliki FFIX. Terdapat juga fitur Mognet yang merupakan sistem pengantaran surat para Moogle. Summon disini dinamakan Eidolon dan hanya bisa digunakan oleh Garnet dan Eiko yang memang seorang Summoner. FFIX juga memilki FMV yang sangat menarik dan sangat indah. Kalo menurut aku sendiri, Musik di FFIX ini merupakan musik yang paling indah dari semua FF. Lagu “Melodies of Life” yang dibawakan Emiko Shiratori menjadi insert song dalam FFIX. Lagu Melodies of Life ini benar-benar menggambarkan kisah cinta antara Zidane dan Garnet. Dan lagu ini juga merupakan lagu favorit sang komposer Nobuo Uematsu. Selain itu juga ada musik berjudul “The Place I’ll Return to Someday”, musik yang sangat indah dan bisa didengarkan saat player baru masuk di main menu saat akan bermain.
FFIX kembali membawa tema kerajaan dan kristal yang sempat terhenti sejak FFVII dan FFVIII yang membawa tema “future”. FFIX bisa menjadi obat penghilang rindu bagi penggemar Final Fantasy yang mengikuti sejak FF klasik yang membawa tema kerajaan. Dan FFIX merupakan FF yang memiliki unsur FF terdahulu paling banyak, seperti terdapat musuh bernama Garland yang merupakan musuh di FF1. Sang “bapak Final Fantasy”, Hironobu Sakaguchi, juga mengatakan FFIX adalah game favorit nya, karena katanya game ini “mendekati pandangan idealnya tentang bagaimana Final Fantasy seharusnya”.

Final Fantasy XI
FFXI adalah FF bergenre MMORPG pertama dan menggunakan sistem Online. Di FFXI, player tidak menjadi seorang Hero. Tapi kita bisa membuat karakter yang di kustom sendiri dan player berpetualang di dunia Vana’diel dengan player lainnya; menaikkan level, menjelajah, menyelsaikan misi, quest dan lainnya. Player bisa membuat kelompok bernama Party untuk berpetualang bersama dan menaikkan level. Sistem battle berjalan real-time, memakai sistem baru ATB yang dinaikkan levelnya.
Player membuat karakter yang dikustomisasi, player bisa memilih Ras, Jenis Kelamin, bentuk wajah, warna rambut fan tinggi badannya. Dan setelah itu, player bisa memilih satu diantara 3 kota awal, Republic of Bastok, Kingdom of San d’Oria, atau Federation of Windurst. FFXI menggunakan konsep pergantian Job seperti FFIII dan memiliki 22 jenis Job. Tidak seperti MMORPG lainnya, player tidak dibatasi dengan satu class per karakter dan bisa mengganti jenis job kapan pun. Player harus memilih satu diantara 6 Basic Job pada awal game, yaitu Warrior, Monk, Thief, White Mage, Black Mage, dan Red Mage. Tapi kita bisa membuka Advanced Job melalui quest setelah Basic Job sampai ke level 30. Dan Ras yang bisa dipilih adalah Hume, Galka, Elvaan, Mithra, dan Tarutaru. FFXI memilki 5 expansion packs, yang memberi penambahan cerita, area, dan item.

Final Fantasy XIII
"Just stay out of my way." - Lightning

Di FFXIII, terdapat 2 dunia yang sangat berbeda. Cocoon, dunia yang penuh dengan teknologi dan Pulse, dunia yang berada dibawah Cocoon. Bagi penduduk Cocoon, Pulse adalah tempat yang mengerikan, penuh dengan monster. Tokoh utama dalam FFXIII adalah seorang wanita bernama Lightning yang merupakan mantan anggota PSICOM (organisasi militer Cocoon). Petualangan Lightning diawali dengan harus menyelamatkan adiknya, Serah, karena Serah telah menjadi Pulse l’Cie. Namun semuanya membawa Lighting ke petualangan yang jauh lebih rumit. Di petualangan ini Lightning ditemani Snow, Sazh, Fang, Vanille dan Hope.
FFXIII menggunakan sistem gameplay yang benar-benar beda dari FF sebelumnya. Namun, ada yang mengatakan (aku belum pernah maen, jadi gk tau juga hahaha) kalo FFXIII ini memliki sistem battle yang paling menarik dari semua FF. Sekilas mirip dengan gabungan battle FFX dan FFXII, dan disini kita cuma bisa mengendalikan satu karakter aja dalam battle, yaitu Team Leader Party nya, karakter lain hanya dikendalikan otomatis berdasarkan role yang diberikan, ini yang disebut dengan sistem Paradigm Shift. Untuk Summon, FFXIII kembali menggunakan nama Eidolon dan tiap karakter memiliki masing-masing satu Eidolon nya dan memiliki Gestalt Mode (Eidolon nya berubah bentuk dan biasanya bisa dikendarai karakter yang memiliki Eidolon itu), seperti Lightning memilki Odin yang Gestalt Mode nya bisa berubah menjadi Kuda.
FFXIII memilki sequel nya, yaitu Final Fantasy XIII-2, yang menceritakan perjalanan adik Lightning, Serah, bersama Noel mencari Lightning yang “hilang”. FFXIII-2 memilki tema cerita Time-Travel. Setelah FFXIII-2, dilanjutkan lagi dengan Lightning Returns : Final Fantasy XIII. Seri ketiga FFXIII ini belum dirilis samapai sekarang.
Fabula Nova Crystallis : Final Fantasy, adalah sebuah nama sebuah kompilasi game untuk Final Fantasy XIII, mirip semacam The Compilation of Final Fantasy VII. Game yang ada didalam paket kompilasi Fabula Nova Cristallis ini adalah : Final Fantasy XIII, Final Fantasy XIII-2, Lightning Returns : Final Fantasy XIII, Final Fantasy Versus XIII dan Final Fantasy Agito XIII (yang kemudian diganti namanya menjadi Final Fantasy Type-0).

Sumber Referensi :

No comments:

Post a Comment