Friday 15 March 2013

Gensou Suikoden


   Nah untuk postingan pertama mengenai game, aku mw mereview salah satu game RPG (Role Playing Game) yg terkenal (dulu) dan yang menjadi favorit ku sampai saat ini yang dibuat sama om Yoshitaka Murayama di Konami. Sebelum cerita mengenai game nya, sebenarnya Suikoden ini aslinya cerita novel klasik Cina yang berjudul Shui Hu Zhuan yang ketenarannya setara dengan novel klasik Cina Romance Of Three Kingdom. Nah kalo di Jepang, Shui Hu Zuan ini jadinya bernama Suikoden. Kalo di bahasa Inggris kan artinya Water Margin, dan kalo di Indonesia jadi Kisah Tepi Air.
    Versi game yang dibuat Konami ini namanya dibuat Gensou Suikoden di Jepang, sedangkan di barat sana namanya diganti jadi cuma Suikoden. Sampai saat ini Suikoden memiliki 5 seri utama dan 8 spin-off. Hero di Suikoden ini hampir semuanya “bisu”. Artinya perkataan nya semuanya ditentukan player yang biasanya berhubungan dengan pilihan2. Dan juga Hero tidak memiliki nama resmi dari Konami, jadi player menentukan sendiri namanya, namun dalam tulisan ini nanti aku akan memakai nama resmi mereka yg dari Novel. Game ini memang cuma pake sistem Turn-Based RPG, tapi yang menariknya adalah tema ceritanya. Gk kayak cerita2 game RPG laen yang populernya bertema fantasi, action, dan lain2, Suikoden ini pake tema cerita yg berkisar adanya intrik-intrik politik, pengkhianatan, dan revolusi. Dan disini kita bisa ngerekrut 108 karakter yang dikenal “108 Stars Of Destiny”, membangun kastil dan bikin pasukan sendiri. Nanti jumlah karakter yang direkrut mempengaruhi Ending nanti. Misal kalo cuma ngerekrut kurang dari 50 orang dpt Bad Ending, kalo antara 50-107 dpt Normal Ending, kalo lengkap 108 bisa dpt Perfect Ending. Dan Suikoden pake sistem Magic Rune, jadi gk pake MP (Magic Point). Kalo weapon, kita cuma bisa punya 1 jenis senjata dan kita gk beli weapon tapi cuma meng-upgrade nya di blacksmith. Dan 108 karakter ini memiliki latar cerita yang berbeda2. Dan tidak semuanya bisa digunakan dalam battle, beberapa ada yang merupakan karakter support. Dan apabila kita sudah memiliki kastil sendiri yang menjadi Headquarters, kita bisa memainkan beberapa mini-games yang disediakan para karakter support kita. Oya, gk kayak seri RPG laen kayak Final Fantasy, Suikoden ini dari awal sampe akhir kita berada di suatu dunia yang sama. Jadi kita kadang bisa menjumpai beberapa karakter yang ada di seri Suikoden sebelumnya dapat dijumpai di seri selanjutnya. Dan Timeline nya gk berurutan dari Suikoden 1 sampai 5. O ya, Setiap hero disini ditakdirkan menjadi Tenkai Star, tiap karakter memiliki nama Star nya masing2.
Gameplay System
Rune
Untuk sistem Magic Rune, tiap karakter itu punya slot Rune masing2, dan kita bisa attach Rune di Head, Left-Hand dan Right Hand. Dan Rune itu gk cuma Rune tipe magic aja, ada Rune tipe serangan dan Rune pemberi efek juga. Rune tipe magic itu kayak Fire Rune, Lightning Rune, dll. Kalo Rune tipe serangan kayak Viper Rune, Falcon Rune, Angry Dragon Rune, dll. Rune tipe efek seperti Double-Beat Rune, Spark Rune, dll. Selain itu juga ada Rune tipe weapon yang di attach ke weapon kayak Drain Rune, Hunter Rune, dll. Ada juga Rune paling langka yang cuma dimiliki beberapa karakter, Rune itu adalah “27 True Runes”. Seperti namanya, cuma ada 27 di dunia ini, bisa dibilang Rune2 ini lah awal terbentuknya dunia Suikoden. Berikut cerita mengenai True Runes :

In the beginning, there was "darkness."
Then finally, the "darkness" shed a "tear."
From that "tear," the brothers Sword and Shield were born.
Sword Bragged that he can cut anything. Shield replied that he could protect anything. then the brothers began a legendary battle for seven days and seven nights.
At the end, Sword cut Shield and Shield Smashed Sword.
Sword became the sky, Shield became the earth, and the sparks from the battle became the stars.
And the jewels that adorn Sword and Shield Became the True Runes--'
'
 The runes that all other runes were born from.

Jadi artinya gni, dulu ada 2 kakak beradik “Sword” dan “Shield” bertarung dan pecahan nya menjadi 27 pecahan. Pecahan2 itu lah yang menjadi “27 True Runes”. Dan 27 True Runes membentuk Rune turunannya, Rune2 itu lah yg disebut “Common Runes”, Rune biasa yang banyak dijual dan digunakan orang2 biasa. Namun ada juga “Unique Runes” yang merupakan turunan langsung dari 27 True Runes seperti Dawn Rune, Star Rune Twilight Rune, dll. Jadi True Runes ini bisa dibilang seperti “Tuhan” yang memiliki keinginan sendiri dan memiliki kekuatan yang besar. True Runes ini dikatakan hanya dimiki para Raja, Kaisar, organisasi rahasia dan beberapa belum ditemukan.
True Runes memberi kekuatan namun juga memberi kutukan ke pemiliknya. Tiap rune memiliki kekuatan yang berbeda2, namun semua nya memiliki 1 kutukan yang sama…Pemiliknya tidak bisa merasakan efek penambahan usia dengan kata lain tidak bisa tua. Namun beberapa True Rune memiliki kutukan lain juga, semakin besar kekuatannya semakin besar kutukannya.

Sampai saat ini baru diketahui 18 True Runes :
·         Beast Rune (Suikoden II),
·         Rune of Beginning (Suikoden II),
·         Blue Moon Rune (Suikoden II),
·         Rune of Change (?),
·         Circle Rune (?),
·         Dragon Rune (Suikoden I),
·         Eightfold Rune (Suikoden I, II, III),
·         Gate Rune (Suikoden I, II, III, IV, V),
·         Night Rune (Suikoden I, II, III),
·         Rune of Life and Death (Soul Eater) (Suikoden I, II, IV),
·         Rune of Punishment (Suikoden IV),
·         Sovereign Rune (Suikoden I),
·         Sun Rune (Suikoden V),
·         True Earth Rune (Suikoden III),
·         True Fire Rune (Suikoden III),
·         True Lightning Rune (Suikoden III),
·         True Wind Rune (Suikoden III),
·         True Water Rune (Suikoden III).


Battle System
Kita bisa susun party (tim) kita dalam 6 orang, 3 didepan, 3 dibelakang. Tapi di Suikoden 3 dan 5 kita bisa membawa karakter cadangan. Dan di Suikoden 4 kita cuma bisa membawa 4 karakter saja. Dan ada 3 battle yang berbeda :
1.    Basic Battle, battle seperti turn-based RPG biasa. Attack, Rune, Escape, dan Bribe.
2.  One-on-One Duel,  duel 1 lawan 1 yang menggunakan sistem seperti suit. Attack mengalahkan Defend, Defend mengalahkan Special Attack, Special Attack mengalahkan Attack. Duel disertai dialog antar karakter agar player mudah menentukan serangan apa yang dilakukan lawan di turn selanjutnya.
3. Strategic War Battle, tiap seri Suikoden, War ini sistem nya beda2. Tapi kebanyakan memakai sistem strategi kayak Strategic RPG.


Main Story
Suikoden I
Playstation (1995 (JAP), 1996 (US), 1997(EU)), Sega Saturn (1998(JAP)), Windows (1998(JAP), 1999 (CHN)), Mobile Phones (2008-2009(JAP)), PSN (2008(US))

        Cerita berada di Wilayah Toran, Tir McDohl (Hero dengan memakai nama di Novel nya) yang merupakan anak dari Scarlet Moon Empire Great General Teo McDohl, harus berperang melawan negaranya sendiri. Dia menggantikan pemimpin Liberation Army yg sebelumnya, Odessa Silverberg untuk melawan Emperror Barbarossa yang saat ini dipengaruhi oleh Windy, seorang penyihir kerajaan. Windy berniat mengambil Soul Eater Rune yang dimiliki Tir. Tir sendiri mendapatkan Soul Eater dari sahabatnya Ted, Ted berharap Tir melindungi Rune terkutuk itu dari Windy. Dimulailah Tir menjadi pemimpin pemberontakan, mencari sekutu dan merekrut 108 orang yang membantu nya memenangkan perang melawan Scarlet Moon Empire. Perang antar Liberation Army dan Scarlet Moon Empire ini dikenal dengan nama Toran Liberation War atau Gate Rune War. Setelah perang ini, Scarlet Moon Empire runtuh dan dibuat Toran Republic.
      Kehidupan Tir semakin tragis karena baru diketahui Soul Eater Rune, mengambil jiwa orang2 yang disayangi oleh sang pemilik untuk membuat Rune ini menjadi kuat. Soul Eater nanti nya akan menyerap jiwa Odessa (orang yang dihormati Tir), Gremio (orang dianggap kakak oleh Tir), Teo (ayahnya) dan Ted (sahabat baiknya).
         Suikoden yg pertama ini memiliki sistem battle yg sangat sederhana, cuma Turn-based RPG seperti kebanyakan. Disini kita nantinya akan memiliki kastil yg akan menjadi Headquarters pasukan kita. Di kastil inilah tempat para 108 karakter kita berkumpul. Syarat perekrutan masih sederhana, dan belum ada karakter yg “missable”. War Battle disini mirip dengan One-on-One Battle, seperti bermain suit. Charges mengalahkan Bow, Bow mengalahkan Magic, Magic mengalahkan Charges, tapi ada satu lagi yaitu Special Attack dan tiap grup karakter mempunyai Skill yang berbeda seperti Ninjas, Thieves, Merchant, dan Dragon Knights. Kita diberikan beberapa minigames yg bisa dimainkan di kastil, jika karakter yg menyediakan minigames itu sudah terekrut. Minigames nya adalah Chinchirorin (permainan dadu), Cups Games, dan Matching Cards. True Rune yg muncul disini lumayan banyak, Soul Eater Rune, Sovereign Rune, Gate Rune, Night Rune(Star Dragon Sword/Zodiac Sword), Dragon Rune, dan Blue Moon Rune (walau Blue Moon tidak disebut namanya). Ending yang ada hanya 2, Normal dan Best Ending. Best Ending didapat dengan merekrut 108 karakter sebelum perang Shasarazade nanti.

Suikoden II
Playstation (1998(JAP), 1999(US), 2000(EU)), Windows (2003(CHN)), Mobile Phones (2009-2010(JAP))

       3 tahun berlalu setelah Toran Liberation War, di Wilayah Dunan saat ini Riou (nama Hero dari novel) dan Jowy dikhianati negaranya, Highland Kingdom. Mereka yg seorang Unicorn Youth Brigade diserang oleh Prince Luca, pangeran dari Highland agar Highland tidak jadi berdamai dengan Jowston State. Penyerangan dibuat seperti seolah2 dilakukan oleh Jowston, agar Highland menjadi marah dan menyerang Jowston. Riou dan Jowy yang mengetahui hal itu bergabung dengan Jowston dan berniat membuat perdamaian dengan mengalahkan Highland. Riou dan Jowy juga mendapat Rune of Beginning dari kuil di desa Toto. Rune of Beginning terbagi 2, Bright Shield Rune dipegang Riou dan Black Sword Rune dipegang Jowy. Nanti nya dengan cerita semakin seru, Jowy akhirnya malah berbalik bergabung dengan Highland lagi dan menjadi Jendral disana. Sedangkan Riou, membuat pasukan Aliansi, membuat sekutu dengan negara2 lain dan merekrut 108 orang yang ditakdirkan bertarung bersamanya. Perang antar pasukan Aliansi dan Highland ini akhirnya diberi nama Dunan Unification War.
          Dua pemegang Rune of Beginning dari awal emg udh ditakdirkan untuk saling bertarung. Sama seperti sejarah awal terbentuk nya semua True Runes, Shield dan Sword ditakdirkan bertarung. Pemegang sebelumnya dari Rune of Beginning juga begitu, Genkaku (ayah angkat Riou) dan Han (seorang Jendral di Highland) adalah teman dekat dari kecil, namun mereka harus bertarung karena permasalahan Jowston dan Highland. Riou dan Jowy akhirnya juga harus bertarung karena takdir mereka sebagai pemegang Rune of Beginning.
         Sebelum memulai permainan kita bisa me-load data dari Suikoden 1, agar nantinya kita bisa merekrut Hero dari Suikoden 1. Suikoden 2 memiliki sistem battle yang sama dengan Suikoden pertama, namun disini animasi ditambah. Opening scene nya diperbagus dan terdapat beberapa FMV ditengah2 cerita. Animasi Rune nya pun dipercantik. Kastil juga menjadi terlihat benar2 seperti kastil dan besar kastil akan terus bertambah sesuai banyaknya karakter yang kita rekrut. Syarat perekrutan karakter dipersulit, terdapat beberapa missable karakter. Beberapa karakter yg muncul di Suikoden 1 juga muncul di Suikoden 2.War battle dibuat lebih sulit dan tidak memakai sistem War seperti di Suikoden pertama. War nya memakai sistem Battle di game2 Strategi. Di kastil juga terdapat beberapa mini-games seperti Chinchirorin (permainan dadu), Dancing Stage, Fishing, Rope Climbing, Cooking Contest dan Whack-a-mole. True Runes yang hadir adalah Rune of Beginning, Blue Moon Rune, Night Rune(Star Dragon Sword/Zodiac Sword), Beast Rune, dan Eightfold Rune. Ending nya ada 3, Bad Ending, Normal Ending dan Perfect Ending. Perfect Ending didapat dengan merekrut 108 Stars of Destiny sebelum perang di Rockaxe Castle.

Suikoden III
Playstation 2 (2002(JAP), 2002(US))

        15 tahun setelah Dunan Unification War, di wilayah Grassland dan Zexen, terjadi tanda2 peperangan lagi. Grassland dan Zexen saat ini mengalami perang. Ada 3 orang yang berada di tempat berbeda yang ditakdirkan bertarung bersama untuk membuat perdamaian. Hugo, seorang anak dari Ketua klan Karaya yang merupakan bagian dari Grassland, Chris Lightfellow, seorang wanita yg menjabat sbg Captain Zexen Knight yg dijuluki Silver Maiden. Geddoe, ketua unit ke-12 dari Harmonian Southern Frontier Defence Force. Tujuan mereka sama, mencari seseorang yang memiliki julukan Flame Champion (FC). Flame Champion adalah orang yang menyatukan Grassland untuk melawan Harmonia pada perang 50 tahun yang lalu, dan FC adalah pemegang True Fire Rune. Hugo berharap FC membuat perdamaian sekali lagi, Chris berharap bisa menanyai ayahnya, Wyatt yg hilang, kepada FC karena Wyatt adalah rekan FC saat perang dulu, Geddoe menjumpai FC karena dia adalah rekan FC saat perang dulu. Tapi saat mereka berjumpa disana, mereka tidak menemui FC, FC sudah mati, karena itu harus ada orang yang menggantikan menjadi Flame Champion baru. Terserah pilihan gamers mw siapa yg jadi FC, kalau offisial dari komik nya sih si Hugo, karena nanti Chris akan dpt True Water Rune dan Geddoe sudah mempunyai True Lightning Rune. Setelah memliih FC, baru diketahui siapa sebenarnya musuh dari perang ini. Ada sekelompok orang yang memanipulasi perang antar Grassland dan Zexen. Akhirnya FC yg baru harus menyatukan Grassland dan Zexen untuk melawan kelompok bernama “Destroyer” yg dikabarkan berasal dari Harmonia. Tenkai Star disini bukanlah Flame Champion nya, Tenkai Star nya adalah Thomas, seorang pemilik Budehuc Castle yang nanti nya dijadikan markas Fire Bringer Army. Perang ini akhirnya dinamakan  Second Fire Bringer War. Kalo yg udh maen Suikoden 1 dan 2 pasti terkejut ngeliat Villain nya hehe. 
         Sebelum memulai permainan kita bisa me-load data dari Suikoden 2. Suikoden III memiliki sistem Trinity Sight, yg memiliki 3 sudut pandang dari 3 karakter berbeda. Hugo, Chris dan Geddoe berada di tempat yang berbeda namun cerita mereka saling berkaitan satu sama lain. Setelah menyelesaikan masing2 3 chapter cerita mereka, nanti nya mereka sama2 berjumpa ditempat yang sama. Setelah menyelesaikan 3 chapter mereka, akan ada 2 chapter Flame Champion. Selain itu juga ada 2 chapter Thomas, side-story Koroku dan Luc Story. Beberapa karakter yg muncul di Suikoden 1 juga muncul di Suikoden 2. Yang berbeda dari Suikoden 3 adalah perubahan grafis, yg dulunya 2D kini menjadi 3D. Opening scene nya pun menjadi animasi dgn style anime. Juga terdapat Skill System. Sistem battle nya juga diubah, masih terdapat 6 karakter (ditambah 1 karakter Support) dlm 1 party, namun tiap row memakai command yang sama, jadi kita hanya menyusun 3 command saja tiap battle. War disini kurang menarik, karena seperti battle seperti biasa, namun juga memakai sistem strategi juga. Di kastil tedapat berbagai minigames yg bisa dimainkan, Racing Games, Kabu, Goppu (permainan kartu) dan Lottery. O ya di kastil kita juga bisa bikin Drama dgn aktor nya dari karakter yg direkrut. True Rune yang hadir adalah True Fire Rune, True Water Rune, True Lightning Rune, True Earth Rune, True Wind Rune dan Night Rune(Star Dragon Sword/Zodiac Sword). Jika kalian bisa mendapatkan 108 Stars of Destiny sebelum perang terakhir, kalian bisa memainkan Luc Side-Story setelah menyelesaikan game.

Suikoden IV
Playstation 2 (2004(JAP), 2005(US), 2005(EU))

         Ceritanya tidak berlanjut setelah Suikoden 3, namun ke masa lalu 150 tahun sebelum Suikoden pertama. Cerita berada di wilayah yang nanti nya bernama Island Nation Federation. Lazlo (nama hero dari novel) yang merupakan mantan Gaien Knights, mendapatkan Rune of Punishment setelah kematian dari Commander Glen. Lazlo dikira membunuh Glen dan akhirnya dibuang dari Razril akibat cerita bohong dari teman baiknya Lazlo, Snowe. Lazlo nanti nya bergabung dengan Obel dan diberi kepercayaan oleh Lino, Raja Obel, untuk memimpin pasukan melawan Kooluk Empire. Untuk melawan Kooluk, Lazlo menyatukan negara2 kecil yang berada dipulau2 didekatnya, nanti nya wilayah ini bergabung dan berganti nama menjadi Island Nation Federation.
    Rune of Punishment mengatur penebusan dan pengampunan, Rune mengerikan yang kutukannya melebihi Soul Eater Rune. Pemegangnya akan merasakan kesakitan terus menerus karena Rune of Punishment menyerap kekuatan hidup pemegangnya. Jika pemegangnya akan mati, RoP akan menyerap kenangan org itu dan akan membuat pemegangnya menjadi debu, Rune akan berpindah ke orang yang paling dekat darinya. Lazlo disebut orang yang paling bisa melawan kesakitan yg disebabkan Rune mengerikan ini.
        Suikoden 4 memiliki grafis yang terbaik dari semua seri Suikoden. Battlenya memakai sistem seperti Suikoden 1 dan 2 lagi. Namun party yang dibawa hanya 4 orang.  HQ nya bukan berupa kastil lagi, tapi Kapal bernama Dauntless. Kita bisa mengelilingi seluruh penjuru lautan dengan kapal raksasa ini. War nya masih dengan sistem Strategi tapi kita menggunakan kapal. Tiap kapal menggunakan Rune Cannon, jadi kita akan perang tembak2an dgn kapal lain. Di kapal ada beberapa minigames, seperti Ritapon (seperti Mahjong), Down To One (Dadu), Mice Catching, Treasure Hunt, Fishing, Coin Tossing, Head or Tails, Fifty-One (kartu),  Tops (Gasing), dan Mint and Mushroom Cultivation. True Runes yang hadir adalah Rune of Punishment dan Soul Eater Rune (yep, ini dia dan pemegangnya adalah Ted).  Jika anda berhasil merkrut 108 stars, Lazlo tidak akan ‘mati’ diakhir cerita.

Suikoden V
Playstation 2 (2006(JAP), 2006(US), 2006(EU), 2006(AU))

        Suikoden 5 juga tidak mengikuti timeline setelah Suikoden 3, tapi 6 tahun sebelum Suikoden pertama. Cerita berpusat di perjuangan politik di wilayah Queendom of Falena. Diceritakan Prince Freyjadour Falenas (nama hero dari novel), harus melarikan diri dari Keratuan (bukan Kerajaan ya) yg dipimpin ibu nya, Queen Arshtat. Ini dimulai karena adiknya Frey, Lymsleia akan menikah dengan Gizel Godwin.  Saat acara pertunangan mereka, Keluarga Godwin melakukan serangan ke Falena dengan memakai pembunuh dari Nether Gate. Ayah Gizel, Marscal Godwin menginginkan kekuatan yg dimiliki Queen Arshtat, Sun Rune. Ditengah serangan ini, ayah dan ibu Frey terbunuh dan Lyms dijadikan sandera di kastil. Frey dan cewek yg jadi bodyguardnya, Lyon, mengumpulkan aliansi untuk melawan Godwin untuk menyelamatkan Lyms dan mencegah Marscal menggunakan Sun Rune.
         Nantinya Frey akan mendapatkan Dawn Rune dan Lyon didekat akhir cerita mendapatkan Twilight Rune. Sebenarnya Dawn dan Twilight bukanlah True Runes. Saat Night Rune berubah menjadi Zodiac Sword, saat itu juga Sun Rune menciptakan 2 rune, Dawn dan Twilight Rune. Sun, Dawn dan Twilight Rune dikenal dgn nama “Three Runes of Falena”.
       Suikoden 5 kembali memakai Skill System seperti Suikoden 3. Angle camera nya kembali seperti Suikoden 1 dan 2 lagi, yaitu dari atas. Party yg dibawa bisa 6 orang ditambah maksimal 4 karakter tambahan. Kita juga bisa merubah-ubah formasi bertarung nya, tiap formasi memiliki kehebatan sendiri. Perekrutan karakter dipersulit lagi, bisa dibilang dari semua seri, Suikoden V lah yg paling sulit merekrut karakter, banyak missable character. War nya juga yang paling sulit, kita harus bergerak cepat karena akan mengendalikan beberapa pasukan di darat dan laut. Cavalry mengalahkan Infantry, Infantry mengalahkan Archers, dan Archers mengalahkan Cavalry; Di laut, Ram Ships mengalahkan Archery Ships, Infantry ships mengalahkan Rams, and Archery ships mengalahkan Infantry Ships. Kastilnya juga besar disini, sampe2 bisa aja tersesat. Minigames nya adalah Blind Man’s Bluff (permainan kartu), Checkers, Dragon Horse Race, Feitas, dan Fishing. True yang yang muncul hanya Sun Rune namun Dawn dan Twilight juga hadir, dan Star Rune yg merupakan ‘anak’ dari Night Rune juga muncul. Endingnya ada banyak, 2 Bad Ending, 1 Normal Ending dan 1 Perfect Ending.


Side Story
  Gensou Suikogaiden Vol.1 – Swordsman of Harmonia
      Playstation (1999(JAP))
        Tidak terlalu berpengaruh pada cerita utama. Bercerita tentang Nash Latkje yang mencari pembunuh keluarganya, Zaj Quilous. Setting cerita nya di Harmonia dan di wilayah Dunan dan sebelum dan saat berlangsung Dunan Unification War (Suikoden 2). Banyak karakter Suikoden 2 yang bisa kita jumpai disini. Game ini bukanlah game RPG melainkan hanya Visual Novel.

  Gensou Suikogaiden Vol.2 – Duel at Crystal Valley
      Playstation (2001(JAP))
       Nash yang kembali ke Harmonia untuk menyelesaikan urusannya dgn Zaj. Cerita nya bersetting 3 bulan setelah selesainya Dunan Unification War. Banyak karakter Suikoden 2 yang bisa kita jumpai disini. Sama sperti Volume 1, ini adalah Visual Novel.




     Gensou Suikoden Card Stories
   GameBoy Advance (2001(JAP))

     Cuma Suikoden 2 yang menggunakan battle seperti kartu, story nya sama dgn Suikoden 2.









        Suikoden Tactics
 Playstation 2 (2005(JAP), 2006(US), 2006(EU))

        Cerita dimulai 7 tahun sebelum event Suikoden 4 dan 3 tahun setelah Suikoden 4. Bercerita tentang Kyril yang menginvestigasi mengenai “Rune Cannon”. Di Jepang, game ini dikenal dengan judul Rhapsodia. Sistem battle nya adalah Turn-based Strategic Battle. Banyak karakter Suikoden 4 yang bisa dijumpai disini. Kita tidak mengumpulkan 108 karakter, hanya beberapa saja.


       Gensou Suikoden I & II
       Playstation Portable (2006(JAP))
        Ini hanya Suikoden I dan II yang diport ke PSP, hanya penambahan grafis sedikit saja.

     Gensou Suikoden Panchisuro
     Panchislot (2011(JAP))
    Sebuah game pachislot yg menampilkan karakter Suikoden 4.









Spin-Off
      Suikoden Tierkreis
      Nintendo DS (2008(JAP, 2009(US))
      Suikoden Tierkreis tidak memiliki adanya Rune, sebagai penggantinya Magic nya bernama Chronicles. Dunia Suikoden Tierkreis sangat berbeda dari dunia Suikoden sebelumnya. Di Suikoden Tierkreis diceritakan terdapat banyak dunia yaitu Parallel World. Karena aku sendiri belom pernah maenin Suikoden ini jadi gk bisa ceritain plot cerita nya. Tapi disini kita juga masih merekrut 108 Stars Of Destiny.

  Gensou Suikoden Tsumugareshi Hyakunen  no Toki
Playstation Portable (2012(JAP))
     Sama seperti Suikoden Tierkreis, Suikoden ini juga tidak berhubungan dgn Main Story Suikoden sebelumnya. Disini kita melihat konsep bisa kembali ke masa lalu untuk belajar bertarung (mendapatkan skill) dari leluhur kita. Yg ini aku juga belom pernah maen jadi gk bisa ceritain plot cerita nya. Masih bisa merekrut 108 Stars of Destiny yang berasal dari waktu yg sekarang, 100 tahun lalu dan 200 tahun yang lalu.


Other Media
     Selain dalam game, Suikoden juga tersedia di media lain, seperti Novel dan Manga (komik Jepang). Semua Suikoden memiliki seri Novel/Light Novel nya. Dari situ juga ada nama yang dipakai Hero nya. Memang namanya bukan offisial dari Konami langsung, tapi bisa dibilang itu lah nama yang ditetapkan ke para Tenkai Star.
Manga Suikoden 3, Novel Suikoden 1 Vol.1, dan Novel Suikoden 2 Vol.4
       Di Novel, Hero Suikoden 1 bernama Tir McDohl, Suikoden 2 bernama Riou, Suikoden 3 tidak ada pemberian nama ke Hero hanya ke Flame Champion yang sampai saat ini namanya tidak ada di novel ataupun manga, Suikoden 4 bernama Lazlo, dan Suikoden 5 bernama Freyjadour. Namun di manga, Hero Suikoden 1 dibuat dengan nama Louie McDohl, Suikoden 2 bernama Tao dan Suikoden 5 bernama Ardil. Terserah para fans mau memakai nama yang mana, tapi kalo aku sih lebih suka nama mereka yang di Novel hehe.

Suikoden VI (?)
Nah, rumornya ini nih nanti Suikoden 6 nya
Hahahahaha ini cuma bercandaan aja kok, ini cuma iseng doang kubuat hehe~

Timeline
     Suikoden IV (143 tahun sebelum Suikoden V dan 150 tahun sebelum Suikoden) → Suikoden V (6 tahun sebelum Suikoden) → Suikoden (3 tahun sebelum Suikoden II) → Suikoden II (15 tahun sebelum Suikoden III) → Suikoden III


Review Scores
Ini berdasarkan score dari aku sendiri ya bukan dari IGN, Gamespot atau lain2 hehe


Story
Graphic
Gameplay
Sound
Character Design
Suikoden
7
7
7
9
6
Suikoden II
9
8
8
10
8
Suikoden III
9
8.5
7.5
8
10
Suikoden IV
6
9
8
7
7
Suikoden V
8
8
9
8
9

5 comments: